Minggu, 25 Juni 2017

No Choice

When we were kids, we have no choice but to go to school - well some of us. It's a good kind of "no choice" though. Karena pendidikan itu penting dan menentukan masa depan. Hmn. Sekolah juga lingkungan dimana kita mengembangkan karakter dan menemukan diri kita sendiri.


Ketika kita mulai dewasa, some of us are lucky enough to choose what major do we want. Dengan ekspektasi ketika kita sekolah, kita sudah berhasil menemukan jati diri kita dan bisa menentukan bidang apa yang kita mau ke depannya. Which, we all know, that is never happen. Karena biasanya penemuan jati diri dan karakter dan interest dan cita-cita tidak selalu berhasil di masa sekolah. Some of us, also have no choice other than "yang penting kuliah supaya dapet gelar" at this point. This also, is a good kind of "no choice" because our parents want the best for us.

We have so many "no choice but to do this because our parents say so!"

We do what we have to do, though, some of us... also, don't always know what we were doing. Well, not me. I know what I'm doing. I know what I want in life.

Anyway, setelah kuliah... Kadang kita kaget, dengan tidak adanya kata "gue ga ada pilihan karena..." because, when you are an adult the choices are all yours. Ga ada yang nyuruh kita harus ini dan itu. In a sudden, kita seperti dijorokin maju dan kejungkel dengan pilihan yang segitu banyaknya.

Life, people... is sucks sometimes.

Then, if you have reached this point, berapa pun umur lo, you must have realized how important that "goals matter" is. Because goals can minimize that choices.

Meskipun begitu, kadang lucunya dengan begitu banyak pilihan di depan mata, kita tetap "nggak punya pilihan" but to work in a field that we don't like, terpaksa ambil kerjaan apa aja karena cari kerja susah, yaudahlah yang penting dapat duit.

Sometimes in life, dengan segitu besarnya hak di tangan kita untuk menentukan hidup kita sendiri, we still have no choice but to survive.

Which is so ironic.

But again, that's life.

Hmn. The point is... Well, setting goals starting from now is not that bad, people!

Dah gitu aja.

Salam roti!

P.s. ngisi waktu nunggu keberangkatan mudik di stesien. Ke kampung yang gue ga tau itu beneran kampung gue.

Tidak ada komentar: